Optimalisasi Kabupaten Brebes sebagai Produsen Bawang Merah untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Authors

  • Pandu Akbar M Universitas Sebelas Maret

Abstract

Terciptanya Ketahanan Pangan Nasional yang saat ini telah masuk dalam Agenda Pembangunan Nasional 2022-2024 tentu bukanlah hal yang mudah untuk direalisasikan. Dibutuhkan Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat agar berbagai rencana yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan semestinya. Salah satu daerah yang memiliki potensi besar untuk membantu merealisasikan program tersebut adalah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dengan hasil produksi Bawang Merah lebih dari 3 Juta Kuintal pada tahun 2021, hal tersebut menjadikan Kabupaten Brebes menjadi episentrum produsen bawang merah terbesar di Indonesia. Akan tetapi meski dengan jumlah produksi yang cukup besar, sejatinya masih banyak tantangan yang harus dihadapi pemerintah daerah untuk memaksimalkan potensi yang ada. Satu dari beberapa tantangan yang ada adalah banyaknya rantai distribusi yang berdampak pada tingginya Margin Perdagangan dan Pengangkutan (MPP) sehingga berpengaruh pada tingginya harga jual. Berbagai upaya harus segera dilakukan sebagai langkah preventif dan solutif agar ketahanan pangan dapat segera terlaksana sehingga dapat meringankan beban masyarakat Indonesia

Kata Kunci: Ketahanan Pangan, Kabupaten Brebes, Bawang Merah

Keywords:

Ketahanan Pangan, Kabupaten Brebes, Bawang Merah

References

Adam Luthfi Kusumatrisna, Andriyani Syakilah, Atika Nasirah, dkk. Desember 2021. Statistik Profil Usaha E-Commerce. Jakarta: BPS RI.

Almaarif, Ngadisah dan. n.d. "Peran Dan Fungsi Bumdes Dalam Pembangunan Perdesaan (Studi Pada Desa Bleberan Kecamatan Playen DIY)."

Aurora, Kurnia Adhiwibowo dan Gita. Desember 2020. Distribusi Perdagangan Komoditas Bawang Merah Indonesia 2019. Jakarta: BPS RI.

Aurora, Kurnia Adhiwibowo dan Gita. 2020. " Pola Distribusi Perdagangan ." In Distribusi Pedagangan Komoditas Bawang Merah Indonesia 2020, 55-56. Jakarta: BPS RI.

Aurora, Kurnia Adhiwibowo dan Gita. 2020. "Margin Perdagangan dan Pengangkutan (MPP) ." In Distribusi Perdagangan Komoditas Bawang Merah Indonesia 2020, 56-57. Jakarta: BPS RI.

Badan Pusat Statistik. 2022. Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa), 2020-2022. Laporan Data, Jakarta: Badan Pusat Statistik.

BULOG. n.d. Pengertian Ketahanan Pangan. Accessed September 26, 2022. http://www.bulog.co.id/beraspangan/ketahanan-pangan/.

DPKP Kabupaten Brebes. 2021. "DPKP Kabupaten Brebes." Data Bawang Merah Tahun 2021. Accessed Agustus 29, 2022. https://owncloud.brebeskab.go.id/index.php/s/2mYPBmyRdqxrHBz#pdfvi ewer.

Intan, Novita. 13 November 2021. OJK: 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja Pakai E-Commerce. news, Jakarta: Republika.co.id.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Repubik Indonesia. 30 November 2021. "Strategi Menjaga Ketahanan Pangan Nasional dalam Agenda Pembangunan Nasional." Siaran Pers, Jakarta.

Kominfo.go.id. 30 Agustus 2018. Angka Penggunaan Media Sosial Orang Indonesia Tinggi, Potensi Konflik juga Amat Besar. News, Jakarta: Kominfo.go.id.

Nurdian, Graha. 22 Februari 2022. "Data E-commerce Indonesia 2022 (2 Tahun Pandemi)." Report.

Rasban, Supardji. 2 Juli 2020. Bibit Langka, Petani Brebes Setop Tanam Bawang Merah. News, Media Indonesia.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Pandu Akbar M. (2023). Optimalisasi Kabupaten Brebes sebagai Produsen Bawang Merah untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional. Souvereignty, 2(3), 262–267. Retrieved from https://journal.uns.ac.id/Souvereignty/article/view/417