Lika-Liku Perkembangan Etika Demokrasi Ditinjau Dari Teori Charles Taylor “Sources of The Self (1989)”

Authors

  • Ali hidayat Uploade journal

Abstract

Penelitian ini menganalisis lika-liku perkembangan etika demokrasi dengan menggunakan pendekatan teori Charles Taylor dalam karyanya "Sources of The Self" (1989). Etika demokrasi merupakan konsep yang melibatkan nilai-nilai, norma, dan prinsip-prinsip moral yang membentuk interaksi antara individu dan sistem politik dalam suatu masyarakat demokratis. Charles Taylor mengemukakan bahwa identitas individu terbentuk melalui dialog sosial, pengakuan, dan penilaian orang lain terhadap diri mereka. Penelitian ini mengkaji bagaimana teori Taylor dapat memperkaya pemahaman kita tentang etika demokrasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan tinjauan terhadap teori Charles Taylor dan relevansinya dengan perkembangan etika demokrasi. Dalam analisis ini, penulis menganalisis aspek-aspek seperti pentingnya dialog sosial, pengakuan akan martabat manusia, dan konflik nilai dalam konteks demokrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teori Taylor memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana etika demokrasi dapat berkembang dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan dan perubahan sosial.

References

Taylor, C. (1992). Sources of the Self (1989). The Making of the Modern Identity. Cambridge Mass: Harvard UP.

Arsilah, Q. Representasi Nilai-Nilai Budaya Islam Pada Tayangan Muslim Travelers: Episode Sekelumit Kisah Nafas Islam di Athena Yunani (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

WAHYUDI, A. (1919). Forum Warga Studi tentang Praktek Demokrasi Akar Rumput Pada Paguyuban Kawasan Malioboro Yogyakarta (Doctoral dissertation, Politik dan Pemerintahan dh. Ilmu Pemerintahan).

SAPUTRI, R. M. E. (2018). PROFESIONALITAS HAKIM INDONESIA (Studi tentang Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Periode Tahun 2010-2017).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Ali hidayat. (2023). Lika-Liku Perkembangan Etika Demokrasi Ditinjau Dari Teori Charles Taylor “Sources of The Self (1989)”. Souvereignty, 2(4), 393–401. Retrieved from https://journal.uns.ac.id/Souvereignty/article/view/991