Strategi Kebijakan Implementasi Pendidikan Berkarakter Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Sebuah Alternatif

Authors

  • Sri Antiningsih Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Tenaga Kerja Kabupaten Karanganyar, Karanganyar, Indonesia
  • Asep Yudha Wirajaya Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Leny Noviani Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan karakter Pancasila perlu dilaksanakan dengan baik pada setiap satuan pendidikan. Namun keterbatasan waktu di kelas, guru, dan sarana prasarana sekolah mengakibatkan hal tersebut menemui berbagai kendala. Oleh karena itu, perlu ada alternatif solusi yang inovatif sehingga dapat memadukan pendidikan karakter Pancasila dengan berbagai mata pelajaran lain di sekolah. Dengan demikian, strategi implementasinya dapat dilakukan melalui praktik-praktik keseharian siswa di sekolah. Artinya, masih ada peluang bagi guru, sekolah, dan Dinas Pendidikan untuk menyukseskan program tersebut. Adapun metode yang ditempuh adalah (1) overview terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada jenjang Sekilah Dasar selama ini sekaligus memotret persepsi para pihak yang terlibat; (2) studi dokumen dan wawancara terbatas untuk melihat berbagai potensi dan kendala yang ada selama ini; (2) FGD dengan para stakeholder pendidikan sehingga dapat dirumuskan beberapa strategi implementasi yang bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Sragen. Adapun hasilnya adalah strategi kebijakan yang dapat ditempuh, yakni mengintegrasikan pendidikan karakter Pancasila dalam kurikulum mereka belajar melalui praktik keseharian siswa di sekolah. Selain itu, strategi implementasi pendidikan karakter Pancasila mengedepankan aspek: akhlak (moral dan kinerja), kompetensi, dan literasi. Dengan demikian, kebijakan ini mampu membentuk generasi muda yang tangguh tanpa meninggalkan nilai kearifan lokal dan mampu bersaing pada tataran global.

Keywords:

Strategi Kebijakan, Karakter Pancasila, Kurikulum, Merdeka Belajar

References

https://quantumbioenergi.com/manfaat-quantum-dzikir/ (Accessed: 30 March 2021).

Agustian, A. G. (2003) Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Al-Ghiffari, N. M. (2022) Dahulukan Adab Sebelum Ilmu: Raih Senjata Keutamaan Segala Hal dengan Akhlak Mulia. Pertama. Edited by A. M. Ali. Magelang: Ranah BBuku.

An-Nawawi, I. (2019) At-Tibyan: Adab Membaca & Menghafal Al-Qur’an. II. Edited by Y. Amri. Solo: Ummul Quira.

Anonim (2014a) Peraturan Menteri Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Indonesia. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://peraturan.go.id/id/permendikbud-no-79-tahun-2014&ved=2ahUKEwjYp7-2-M2GAxUjxzgGHRnsAJAQFnoECBwQAQ&usg=AOvVaw24MGZw7sSoAEb4BFysykfO.

Anonim (2014b) Undang-Undang No 23 tahun 2014. Indonesia. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://peraturan.bpk.go.id/Download/142102/PERDA%2520NO%25208%2520TH%25202019.pdf&ved=2ahUKEwj9vtSy882GAxXZ8DgGHf-FCIcQFnoECBkQAQ&usg=AOvVaw1LFiarsXkKR71lLofKuFHs.

Anonim (2024) Sragen dalam Angka 2024. Sragen: BPS Sragen. Available at: https://sragenkab.bps.go.id/statictable/2023/02/24/491/jumlah-sekolah-guru-dan-murid-sekolah-dasar-sd-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kecamatan-2021-2022-dan-2022-2023.html.

Az-Zarnuji, I. (2022a) Adab Di Atas Ilmu 3: Jalan Keberkahan dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edited by Rusdianto. Yogyakaarta: DIVA Press.

Az-Zarnuji, I. (2022b) Ta’lim al-Muta’allim: Meraih Keutamaan Ilmu dengan Adab dan Akhlak Mulia. VI. Edited by T. Arofah. Solo: Arofah.

Az-Zarnuji, I. (2022c) Ta’limul Muta’allim: Pentingnya Adab Sebelum Ilmu. XV. Edited by Y. Amri. Solo: Aqwam.

Chopra, D. (2002) Quantum Healing: Exploring the Frontiers of Mind/Body Medicine. Bandung: Nuansa.

Hayat (Universitas Islam Malang) (2013) ‘Pendidikan Islam dalam Konsep Prophetic Intelligence’, Jurnal Pendidikan Islam.

Herdiansyah, H. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Ilmu Sosial. 3rd edn. Edited by R. Oktaviani. Jakarta: Salemba Humanika.

Hernowo (2009) Mengikat Makna: Update Membaca dan Menulis yang Memberdayakan. Bandung: Mizan Pustaka.

Jama’ah, I. (2022) Adab Fondasi Ilmu: Panduan Akhlak Lengkap untuk Santri dan Penuntut Ilmu. III. Edited by M. I. Syarqi. Solo: Taujih Inspirasi Qurani.

Kebudayaan, M. P. dan (2014) Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Khadijah, N. (2021) Kritisi Hilangnya Pancasila dan Bahasa Indonesia dalam PP 57 2021, HNW: Harus Evaluasi dan Beri Sanksi - Pikiran-Rakyat.com. Available at: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-011789362/kritisi-hilangnya-pancasila-dan-bahasa-indonesia-dalam-pp-57-2021-hnw-harus-evaluasi-dan-beri-sanksi (Accessed: 25 May 2021).

Khalid, A. (2008) Quantum Change [Quantum Perubahan]: Menyingkap Rahasia Kedahsyatan & Arti Kemuliaan Seorang Muslim. Jakarta: Pustaka Nun.

Kolis, N. and Ajhuri, K. F. (2019) ‘SANGKAN PARANING DUMADI: Eksplorasi Sufistik Konsep Mengenal Diri dalam Pustaka Islam Jawa Prespektik Kunci Swarga Miftahul Djanati’, Dialogia. doi: 10.21154/dialogia.v17i1.1653.

Miles, M. and Huberman, A. M. (2007) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. (2005) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nawawi, I. (2021) Adab di Atas Ilmu: Tuntunan Belajar - Mengajar yang Barokah. Edited by Nurr. Yogyakaarta: DIVA Press.

Nawawi, I. (2022) Adab Di Atas Ilmu 2: Panduan Belajar Mengajar Al-Qur’an yang Barakah. Edited by M. S. Musthafa. Yogyakaarta: DIVA Press.

Noviani, Leny, Tuhana, Asep Yudha Wirajaya, A. C. B. (2022) Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Keunggulan dan Potensi Daerah: Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Sragen. Edited by Andriyanto. Klaten: Lakheisha.

Rahmat, M. (2010) ‘“Proses Pendidikan Insan Kamil”’, Alqalam IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten (Terakreditasi Dikti).

Ramadhan, A. (2021) Komisi X Minta PP 57/2021 Direvisi karena Tak Wajibkan Pendidikan Pancasila. Available at: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/16/11351251/komisi-x-minta-pp-57-2021-direvisi-karena-tak-wajibkan-pendidikan-pancasila (Accessed: 25 May 2021).

Rohmadi, M. (2016) Guru & Dosen Hebat dan Luar Biasa: Mentransformasi Diri Anda Menjadi Pendidik yang Berkarakter, Kreatif, Produktif, Inspiratif, Menyenangkan, dan Sukses. Kedua. Edited by R. Chandra. Surakarta: Pustaka Brilliant.

Sabiila, S. I. (2021) Kontroversi Pancasila Hilang dari SNP hingga Desakan Revisi PP 57/2021. Available at: https://news.detik.com/berita/d-5538021/kontroversi-pancasila-hilang-dari-snp-hingga-desakan-revisi-pp-572021 (Accessed: 25 May 2021).

Sekjen Kemendikbud (2021) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/kemendikbud-ajukan-revisi-pp-nomor-57-tahun-2021 (Accessed: 25 May 2021).

Sentanu, E. (2007) Quantum Ikhlas: Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati. Pertama. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sihaloho, M. J. (2021) Kontroversi PP 57/2021, PAN: Jangan Main-main untuk Soal Pancasila. Available at: https://www.beritasatu.com/nasional/761977/kontroversi-pp-572021-pan-jangan-mainmain-untuk-soal-pancasila (Accessed: 25 May 2021).

Sugiyono (2016) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman (2010) Bacalah! Menghidupkan Kembali Semngat Membaca Para Mahaguru Peradaban. Pertama. Edited by I. Ashriyah. Bandung: MQS Publishing.

Tim (2020) Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi Online, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud. Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Wirajaya, Yudha Asep, Sudardi, Bani, Istadiyantha, dan W. (2021) ‘Language Diversity in Syair Nasihat: An Alternative Effort to Strengthen National Identity through Literature Learning’, Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(2), pp. 314–325. doi: 10.26499/RNH.V10I2.4052.

Wirajaya, A. Y. (2022) ‘Implementasi Pendidikan Berkarakter Pancasila dalam Desain Kurikulum Muatan Lokal SD di Kabupaten Sragen: Sebuah Upaya Mempersiapkan Generasi Emas’, Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(3), pp. 27–40. doi: 10.20961/SHES.V5I3.59308.

Yudha Wirajaya, A. and Sudardi, B. (2021) ‘Quantum Recitation Therapy in Syair Nasihat as an Alternative to Strengthen Mental and Spiritual Efforts During and Post-Pandemic Covid 19’, Javanologi: International Journal of Javanese Studies, IV(2), pp. 101–114. Available at: https://javanologi.uns.ac.id/vol-iv-2021/ (Accessed: 3 September 2021).

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Antiningsih, S., Wirajaya, A. Y. ., & Noviani, L. . (2023). Strategi Kebijakan Implementasi Pendidikan Berkarakter Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Sebuah Alternatif. Journal of Policy, 14(2), 108–117. Retrieved from https://journal.uns.ac.id/policy/article/view/1354