Hubungan Tipe Serangan Epilepsi Pada Anak Dengan Penurunan Fungsi Kognitif di RSUD Dr. Moewardi
DOI:
https://doi.org/10.20961/plexus.v2i3.566Keywords:
Tipe serangan epilepsi, fungsi kognitif, PediatriAbstract
Pendahuluan: Perkembangan kognitif adalah salah satu bagian yang berarti pada tumbuh kembang anak karena dapat menunjukkan perkembangan cara berpikir. Penyakit kronis dapat berpengaruh dalam perkembangan kemampuan kognitif karena pada anak yang memiliki penyakit kronik cenderung lebih mengurung diri dan kesulitan bersosialisasi. Epilepsi termasuk salah satu penyakit kronik pada anak dapat berdampak pada tumbuh kembang anak seperti pada aspek neurologis, kognitif, psikologis, dan sosial individu. Klasifikasi epilepsi dibagi berdasarkan tipe bangkitan dibagi menjadi tiga yaitu kejang umum, kejang parsial, dan kejang yang belum bisa diklasifikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe serangan epilepsi pada anak dengan penurunan fungsi kognitif di RSUD Dr. Moewardi.
Metode: Penelitian bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan Bulan April-Mei 2022 di poli dan bangsal anak RSUD Dr. Moewardi. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan kuesioner MOCA-Ina dan didapatkan 45 sampel. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan uji Chi-Square menggunakan SPSS.
Hasil: Data hasil penelitian tipe serangan epilepsi dan fungsi kognitif dianalisis melalui uji Chi-square didapatkan nilai p = 0,006 (p < 0,05). Namun, expected count uji Chi-Square <5 sehingga dilakukan uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil p = 0,000 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tipe serangan epilepsi dengan penurunan fungsi kognitif pada anak. Berdasarkan hasil analisis, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, aktivitas fisik, usia awitan epilepsi, jenis OAE, dan durasi konsumsi OAE tidak menjadi perancu yang berarti dalam penelitian ini.
Kesimpulan: Tipe serangan epilepsi mempengaruhi penurunan fungsi kognitif pada anak di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
References
Bidzan-Bluma, I., & Lipowska, M. (2018). Physical activity and cognitive functioning of children: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(4). https://doi.org/10.3390/ijerph15040800
Camara-Lemarroy, C. R., Ortiz-Zacarías, D., Peña-Avendaño, J. J., Estrada-Bellmann, I., Villarreal-Velázquez, H. J., & Díaz-Torres, M. A. (2017). Alterations in balance and mobility in people with epilepsy. Epilepsy & Behavior, 66, 53–56. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2016.10.021
de Boer, H. M., Mula, M., & Sander, J. W. (2008). The global burden and stigma of epilepsy. Epilepsy & Behavior, 12(4), 540–546. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2007.12.019
Hyeyun, K., Wook, K. D., Lee, S.-T., Byun, J.-I., Seo, J.-G., No, Y. J., Kang, K. W., Kim, D., Kim, K. T., Choi, Y. W., & Yang, K. I. (2020). Antiepileptic Drug Selection According to Seizure Type. Journal of Clinical Neurololy, 16(4), 547–555.
Jansen, M. G., Geerligs, L., Claassen, J. A. H. R., Overdorp, E. J., Brazil, I. A., Kessels, R. P. C., & Oosterman, J. M. (2021). Positive Effects of Education on Cognitive Functioning Depend on Clinical Status and Neuropathological Severity. Frontiers in Human Neuroscience, 15(September), 1–10. https://doi.org/10.3389/fnhum.2021.723728
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Perdana Publisher.
Lövdén, M., Fratiglioni, L., Glymour, M. M., Lindenberger, U., & Tucker-Drob, E. M. (2020). Education and Cognitive Functioning Across the Life Span. Psychological Science in the Public Interest, 21(1), 6–41. https://doi.org/10.1177/1529100620920576
Murman, D. (2015). The Impact of Age on Cognition. Seminars in Hearing, 36(03), 111–121. https://doi.org/10.1055/s-0035-1555115
Murray-Kolb, L. E., Acosta, A. M., De Burga, R. R., Chavez, C. B., Flores, J. T., Olotegui, M. P., Pinedo, S. R., Salas, M. S., Trigoso, D. R., Vasquez, A. O., Ahmed, I., Alam, D., Ali, A., Bhutta, Z. A., Qureshi, S., Rasheed, M., Soofi, S., Turab, A., Zaidi, A. K. M., … Svensen, E. (2018). Early childhood cognitive development is affected by interactions among illness, diet, enteropathogens and the home environment: Findings from the MAL-ED birth cohort study. BMJ Global Health, 3(4), 1–11. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2018-000752
Novak, A., Vizjak, K., & Rakusa, M. (2022). Cognitive Impairment in People with Epilepsy. Journal of Clinical Medicine, 11(1), 267. https://doi.org/10.3390/jcm11010267
Putra, B. P., Triono, A., & Susilawati, D. (2018). Cognitive function in children with epilepsy. Journal of Nepal Paediatric Society, 38(2), 74–79. https://doi.org/10.3126/jnps.v38i2.19386
Scheffer, I. E., Berkovic, S., Capovilla, G., Connolly, M. B., French, J., Guilhoto, L., Hirsch, E., Jain, S., Mathern, G. W., Moshé, S. L., Nordli, D. R., Perucca, E., Tomson, T., Wiebe, S., Zhang, Y. H., & Zuberi, S. M. (2017). ILAE classification of the epilepsies: Position paper of the ILAE Commission for Classification and Terminology. Epilepsia, 58(4), 512–521. https://doi.org/10.1111/epi.13709
Sherman, E. M. S., Brooks, B. L., Fay-McClymont, T. B., & MacAllister, W. S. (2012). Detecting epilepsy-related cognitive problems in clinically referred children with epilepsy: Is the WISC-IV a useful tool? Epilepsia, 53(6), 1060–1066. https://doi.org/10.1111/j.1528-1167.2012.03493.x
Sorg, A. L., von Kries, R., & Borggraefe, I. (2022). Cognitive disorders in childhood epilepsy: a comparative longitudinal study using administrative healthcare data. Journal of Neurology, 269(7), 3789–3799. https://doi.org/10.1007/s00415-022-11008-y
Suwarba, I. G. N. M. (2016). Insidens dan Karakteristik Klinis Epilepsi pada Anak. Sari Pediatri, 13(2), 123. https://doi.org/10.14238/sp13.2.2011.123-8
Wang, L., Chen, S., Liu, C., Lin, W., & Huang, H. (2020). Factors for cognitive impairment in adult epileptic patients. Brain and Behavior, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1002/brb3.1475
Weinstein, S. (2016). Seizures and epilepsy: An overview. Epilepsy: The Intersection of Neurosciences, Biology, Mathematics, Engineering, and Physics, 65–77. https://doi.org/10.1201/b10866-10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lintang Perwitasari, Hari Wahyu Nugroho , Fadhilah Tia Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).