Penggunaan Media E-Flashcard dalam Pembelajaran Anatomi Sistem Saraf dan Sistem Indera

Authors

  • Alfian Satria Wijaya Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Bulan Kakanita Hermasari Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Yunia Hastami Laboratorium Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Inodonesia

DOI:

https://doi.org/10.20961/plexus.v3i2.567

Keywords:

Flashcards, Media Pembelajaran, Pembelajaran anatomi

Abstract

Pendahuluan: Media pembelajaran, seperti e-flashcard, adalah salah satu faktor penting untuk menunjang hasil pembelajaran. Namun, masih terdapat perbedaan mengenai pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran e-flashcard terhadap hasil belajar mahasiswa kedokteran UNS pada praktikum anatomi.

Metode: Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik sampling dengan convenience sampling. Populasi studi adalah mahasiswa kedokteran UNS angkatan 2021. Intervensi berupa media e-flashcard anatomi sistem saraf dan sistem indera. Responden yang bersedia kemudian dirandomisasi menjadi 2 kelompok, kelompok eksperimen (menggunakan e-flashcard, n= 15) dan kelompok kontrol (n=8). Setelah mengerjakan pretest, mahasiswa diberikan e-flashcard, kemudian mengerjakan posttest setelah menggunakan e-flashcard setidaknya 10 hari. Kuesioner diberikan pada kelompok pengguna e-flashcard untuk evaluasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan Uji Paired Sample T-test dan Uji T-test Independent.

Hasil: Uji independent t-test pada nilai pretest kontrol dan eksperimen didapatkan nilai p 0.117 dan pada nilai posttest didapatkan nilai p 0.001. Uji paired sample t-test antara kelompok eksperimen nilai p 0.614. Dari hasil kuesioner, didapatkan nilai secara keseluruhan 4,23 yang menunjukkan e-flashcard diterima dengan baik oleh mahasiswa dan mahasiswa setuju bahwa e-flashcard membantu pembelajaran.

Kesimpulan: Tidak ada pengaruh signifikan antara penggunaan meda e-flashcard dengan hasil pembelajaran anatomi mahasiswa, tetapi e-flashcard diterima dengan baik oleh mahasiswa dan mahasiswa setuju bahwa e-flashcard berguna untuk pembelajaran.

References

Dashti, G., Iranpour, F. G., Salimi, M., Akbari, M., Chamnari, F. M., & Ghasemi, N. (2018). Impact of Educational Flash Cards on Improved Learning of Skull Radiotherapy Techniques. ASJ, 15(2), 73–76.

Elmes, D. (n.d.). Anki - powerful, intelligent flash cards. Https://Apps.Ankiweb.Net/.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.

Kerfoot, B. P., DeWolf, W. C., Masser, B. A., Church, P. A., & Federman, D. D. (2007). Spaced education improves the retention of clinical knowledge by medical students: a randomised controlled trial. Medical Education, 41(1), 23–31. https://doi.org/10.1111/j.1365-2929.2006.02644.x

Lambers, A., & Talia, A. J. (2021). Spaced Repetition Learning as a Tool for Orthopedic Surgical Education: A Prospective Cohort Study on a Training Examination. Journal of Surgical Education, 78(1), 134–139. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.07.002

Leonard, R. J. (1996). A clinical anatomy curriculum for the medical student of the 21st century: Gross anatomy. Clinical Anatomy, 9(2), 71–99. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-2353(1996)9:2<71::AID-CA1>3.0.CO;2-2

Prakosa, D. (2008). Menggagas pembelajaran anatomi pada kurikulum berbasis kompetensi untuk pendidikan kedokteran dasar. Jurnal Anatomi Indonesia, 1(2), 47–52.

Satriana, A. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 5 melalui media flashcard bagi siswa tuna grahita sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 13–26.

Sun, M., Tsai, S., Engle, D. L., & Holmer, S. (2021). Spaced Repetition Flashcards for Teaching Medical Students Psychiatry. Medical Science Educator, 31(3), 1125–1131. https://doi.org/10.1007/s40670-021-01286-y

Utami, P., Hastami, Y., Munawaroh, S., & Wiyono, N. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Anatomi Kadaver Dibandingkan Video Terhadap Pemahaman Neuroanatomi pada Mahasiswa Kedokteran. Smart Society Empowerment Journal, 1(1), 26. https://doi.org/10.20961/ssej.v1i1.48598

Yulyanah, Y., & Khotimah, H. (2021). Analysis of Internal and External Factors Affecting Students Learning Output Case Study D3 Accounting, Pamulang University, 2019/2020 Academic Year. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 9(2), 158–165. https://doi.org/10.33884/jimupb.v9i2.3654

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles