Pemetaan Tiga Pilar dalam Pengembangan Geopark Dieng Menuju Pariwisata berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.20961/policy.v14i1.1239Keywords:
Geopark Dieng, Pendidikan, Ekonomi, Konservasi, Pariwisata BerkelanjutanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tiga pilar yang ada pada pengembangan Geopark bagian Kabupaten Wonosobo, yaitu pilar Pendidikan, ekonomi dan konservasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang diperoleh dengan atlas.ti. Sumber data adalah dari literatur review, FGD dan wawancara mendalam. Hasil diindikasikan dalam tiga pilar utama yaitu Pendidikan, konservasi dan ekonomi. Ketiga pilar tersebut dijabarkan lebih lanjut ke dalam berbagai aspek pendukungnya.
References
Ariyani, Nafiah., Fauzi, Akhmad., Umar, Farhat. 2020. Model Hubungan Aktor Pemangku Kepentingan Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Kedung Ombo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23 (2), 357 – 378.
Ashok, Smriti, H. R. Tewari, M. D. Behera, and Arijit Majumdar. 2017. “Development of Ecotourism Sustainability Assessment Framework Employing Delphi, C&I and Participatory Methods: A Case Study of KBR, West Sikkim, India.” Tourism Management Perspectives 21: 24–41. http://dx.doi.org/10.1016/j.tmp.2016.10.005.
Caesarika, Agnes., Muhamad, Muhamad., Fandeli, Chafid. 2021. Strategi Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan di Kawasan Wisata Alam Sumber Maron, Kabupaten Malang. Jurnal Teknosains, 11 (1), 51 – 65.
Dwitasari, P. Sianturi, L. T. L. E., Rizkiantoro, R. E., Agustin, S. A. 2022. Perancangan Brand Identity Wisata Terintegrasi Dieng Plateau Geopark. Jurnal Sains dan Seni ITS, 11 (4), 148 – 154.
Elly Malihah, H. P. D. S., Costa, V., Np, E., Effektivwert, E., Marcén, M., Casas-Sainz, A. M., Román-Berdiel, T., Griera, A., Santanach, P., Pocoví, A., Gil-Imaz, A., Aldega, L., Izquierdo-Llavall, E., Marques, L. S., De Min, A., Rocha-Júnior, E. R. V. R. V., Babinski, M., Bellieni, G., Figueiredo, A. M. G. M. F., … Waldenström, L. (2014). Tourism Education and Edu-Tourism Development: Sustainable Tourism Development Perspective in Education. AThe 1st International Seminar on Tourism (ISOT), 1(1), 1–10.
Hardoyo, Dwi., Muhammad, Fuad., Taruna, Tukiman. 2016. Perencanaan Kegiatan Wisata Pendidikan Dalam Kawasan Geopark Rinjani Lombok Berbasis Daya Dukung Lingkungan (Sudi Daerah Air Berik). Jurnal Ilmu Lingkungan, 14 (2), 103 – 107.
Hasibuan, I.M., Mutthaqin, S., Erianto, R., Harahap, I. 2023. Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Masharif al-Syariah, 8(2), 1200 – 1217.
John Creswell. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication Ltd.
Jufri, Tsurayya Zahirah. 2020. Perubahan Aktivitas Masyarakat dan Penggunaan Lahan Akibat Pengembangan Geopark Silokek. Thesis. Institut Teknologi Sumatera.
Kisi, Nermin. 2019. A Strategic Approach to Sustainable Tourism Development Using the A’WOT Hybrid Method: A Case Study of Zonguldak, Turkey. Sustainability, 11, 964, 1 – 19.
Mafruhah, I., Suhardjanto, D., Mulyani, N. S., Supriyono, Istiqomah, N., Gravitiani, E., Ismoyowati, D., & Suryanto. (2021). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekologi dan Edukasi di Kawasan Waduk Kedung Ombo Sragen (A. Nugroho, Ed.). Jejak Pustaka.
Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark). Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jamal Rachman, Dewi Ismoyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access journal in accordance with the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) license. This permits users to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.