SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK UMKM FASHION ‘TULUS SIGNATURE’ DAN ‘GHAFFA THE LABEL’

Authors

  • Ida Setya Dwi Jayanti Universitas Sebelas Maret
  • Arinta Kusumawardhani Universitas Sebelas Maret

Abstract

Sebagai aplikasi paling populer di era pandemi, TikTok memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek berupa musik, tarian, komedi, hiburan, dan lainnya. Marketer dapat memanfaatkan kekuatan media sosial ini untuk bercerita hingga memberikan dampak bagi brand mereka. Dibutuhkan teknik digital marketing melalui media sosial yang dapat meningkatkan penjualan sebuah perusahaan, tak terkecuali pada bisnis UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik social media marketing pada bisnis UMKM fashion Tulus Signature dan Ghaffa The Label. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tulus Signature dan Ghaffa The Label telah menerapkan teknik digital marketing melalui TikTok, antara lain iklan, promo, humor, musik, dan hashtag.

Keywords:

Social Media Marketing, Teknik Pemasaran Digital, Tiktok

References

Aji, G., Fatimah, S., Minan, F., & Azmi, M. A. (2022). Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkan produk UMKM Anjab Store (Digital Marketing Analysis of Tiktok Live as a Strategy to Market Anjab Store MSME products). Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.35912/JBPD.v2i1.2007

Barta, S., Belanche, D., Fernández, A., & Flavián, M. (2023). Influencer marketing on TikTok: The effectiveness of humor and followers’ hedonic experience. Journal of Retailing and Consumer Services, 70, 103149. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103149

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dwinanda, B., Syaripuddin, F. A., Hudaifi, , & Hendriana, E. (2022). Examining the Extended Advertising Value Model: A Case of TikTok Short Video Ads. Mediterranean Journal of Social & Behavioral Research, 6(2), 35–44. https://doi.org/10.30935/mjosbr/11820

English, K., Sweetser, K. D., & Ancu, M. (2011). YouTube-ification of Political Talk: An Examination of Persuasion Appeals in Viral Video. American Behavioral Scientist, 55(6), 733–748. https://doi.org/10.1177/0002764211398090

Ermaningtiastuti, C. (2023). TikTok Shop Bantu UKM Tarik Pelanggan lewat Shoppable Livestream. https://www.marketeers.com/tiktok-shop-bantu-ukm-tarik-pelanggan-lewatshoppable-livestream/Erz, A., Marder, B., & Osadchaya, E. (2018). Hashtags: Motivational drivers, their use, and differences between influencers and followers. Computers in Human Behavior, 89, 48–60. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.030

Ha, Y. W., Park, M.-C., & Lee, E. (2014). A framework for mobile SNS advertising effectiveness: User perceptions and behaviour perspective. Behaviour & Information Technology, 33(12), 1333–1346.https://doi.org/10.1080/0144929X.2014.928906

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN DI KRISNA OLEH-OLEH KHAS BALI. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2).

Johansson, A. C., & Zhu, Z. (2023). Reputational assets and social media marketing activeness: Empirical insights from China. Electronic Commerce Research and Applications, 61, 101305. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2023.101305

Kim, S., Kandampully, J., & Bilgihan, A. (2018). The influence of eWOM communications: An application of online social network framework. Computers in Human Behavior, 80, 243–254. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.11.015

Koetsier, J. (2021a). Here Are The 10 Most Downloaded Apps Of 2020. https://www.forbes.com/sites/johnkoetsier/2021/01/07/here-are-the-10-most-downloaded-apps-of-2020/?sh=716f3d685d1a

Koetsier, J. (2021b). Top 10 Most Downloaded Apps And Games Of 2021: TikTok, Telegram

Big Winners. https://www.forbes.com/sites/johnkoetsier/2021/12/27/top-10-mostdownloaded-apps-and-gamesof-2021-tiktok-telegram-big-winners/?sh=3108a3683a1f

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Krisdamarjati, Y. A. (2023). Tiktok Sebagai Alternatif Kanal Berita Digital 2023. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/01/05/tiktok-sebagai-alternatif-kanal-berita-digital-2023?open_from=Search_Result_Page

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pramudita, B. (2023). Riset: Konten Menghibur di TikTok Tunjang Efektivitas Iklan. https://www.marketeers.com/konten-menghibur-di-tiktok-tunjang-efektivitas-iklan/

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1),49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan peneliti Pemula.Alfabeta.

Stephen, A. T., & Toubia, O. (2009). Deriving Value from Social Commerce Networks. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1150995

Xiao, Y., & Fan, Z. (2020). 10 technology trendsto watch in the COVID-19 pandemic. https://www.weforum.org/agenda/2020/04/10-technology-trends-coronavirus-covid19-pandemic-robotics-telehealth/

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Setya Dwi Jayanti, I., & Kusumawardhani, A. (2023). SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI TIKTOK SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK UMKM FASHION ‘TULUS SIGNATURE’ DAN ‘GHAFFA THE LABEL’. NOCTIS, 2(1), 16–29. Retrieved from https://journal.uns.ac.id/noctis/article/view/1006

Issue

Section

Articles