Gambaran Trauma Kepala Korban Mati Kecelakaan Lalu Lintas yang Ditangani Instalasi Forensik RSUD Dr. Moewardi Tahun 2017-2022

Authors

  • Muhammad Adib Fajar Anwar Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret,Surakarta, Indonesia
  • Wahyu Dwi Atmoko Bagian Forensik, RSUD Dr. Moewardi, Surakarta, Indonesia
  • Hari Wujoso Bagian Forensik, RSUD Dr. Moewardi, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20961/plexus.v3i1.1026

Abstract

Pendahuluan: Kecelakaan lalu lintas (KLL) merupakan penyebab utama cedera yang tidak disengaja, terhitung memiliki proporsi terbesar penyebab kematian akibat cedera yang tidak disengaja. Salah satu trauma yang paling banyak ditemukan pada kecelakaan lalu lintas adalah trauma kepala. Pada kecelakaan kendaraan bermotor roda dua maupun tiga, trauma kepala menyebabkan angka kematian paling banyak dan trauma yang paling sering diakibatkan. Penelitian ini mengkaji pola trauma kepala pada korban mati akibat kecelakaan lalu lintas.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi observasional. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah total sampling dengan sampel berupa seluruh kasus kecelakaan lalu lintas yang ditangani Instalasi Forensik RSUD Dr. Moewardi pada periode 2017-2022.

Hasil: Didapatkan 147 kasus dengan trauma kepala dari 160 kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Bagian wajah lebih sering mengalami cedera dengan 145 kasus daripada bagian kepala yang tertutup rambut dengan 99 kasus. Laserasi merupakan jenis trauma yang paling banyak ditemukan pada kepala, pada wajah sebanyak 98 kasus an pada bagian yang tertutup rambut sebanyak 60 kasus.

Kesimpulan: Trauma kepala memiliki angka kejadian yang tinggi pada korban mati kecelakaan lalu lintas, memiliki persentase 91,87%. Trauma kepala lebih banyak terjadi di bagian wajah daripada bagian kepala yang tertutup rambut. Laserasi merupakan jenis trauma kepala yang paling sering ditemukan

Keywords:

kecelakaan lalu lintas, cedera kepala, trauma kepala

References

Annisa Salsabila, Wujoso, H. and Suwandono, A. (2022) ‘Deskripsi Korban Mati Kecelakaan Lalu Lintas yang Dikirim ke RSUD Dr. Moewardi Tahun 2016 - 2020 (Berdasarkan Ciri-Ciri Luka)’, Plexus Medical Journal, 1(4), pp. 139–146. doi: 10.20961/plexus.v1i4.57.

Arrasyid, M. I., Susanti, R. and Mulyana, R. (2021) ‘Gambaran Korban Meninggal Dunia dengan Cedera Kepala pada Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Forensik RSUP dr M Djamil Padang Tahun 2018-2019’, Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 2(1), pp. 178–184. doi: 10.25077/jikesi.v2i1.283.

Bhaskara, D. S. M. (2014) ‘Hasil Autopsi Sebab Kematian Mendadak Tak Terduga Di Bagian Forensik Blu Rsup. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Tahun 2010-2012’, e-CliniC, 2(1), pp. 3–8. doi: 10.35790/ecl.2.1.2014.4397.

Chakravarthy, B., Lotfipour, S. and Vaca, F. E. (2007) ‘Pedestrian injuries: emergency care considerations.’, The California journal of emergency medicine, 8(1), pp. 15–21. Available at: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20440388%0A

http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC2859736

Ebi, K. L., Hess, J. J. and Watkiss, P. (2017) ‘Health Risks and Costs of Climate Variability and Change’, Disease Control Priorities, Third Edition (Volume 7): Injury Prevention

Ghaffari-Fam, S. et al. (2016) ‘Associated Injuries in Road Traffics Accidents; A Hospital-Based Study’, Trauma Research Center, Shiraz University of Medical Sciences Ghaffari, 4(4), pp. 223–229. Available at: www.beat-journal.com.

Hartanto, D. Y., Nugroho, N. A. and Atmoko, W. D. (2021) ‘Deskripsi Korban Mati Kecelakaan Lalu Lintas Yang Victims of Death in Traffic Accidents’, 3(1), pp. 210–222.

Hyodo, S. and Hasegawa, K. (2021) ‘Factors Affecting Analysis of the Severity of Accidents in Cold and Snowy Areas Using the Ordered Probit Model’, Asian Transport Studies, 7(December 2020). doi: 10.1016/j.eastsj.2021.100035.

Leijdesdorff, Henry Alexander et al. (2012). 'Injury pattern, injury severity, and mortality in 33,495 hospital-admitted victims of motorized two-wheeled vehicle crashes in The Netherlands.' The journal of trauma and acute care surgery vol. 72,5: 1363-8. doi:10.1097/TA.0b013e318250cced

Masoumi, K. et al. (2016) ‘Effective Factors in Severity of Traffic Accident-Related Traumas; an Epidemiologic Study Based on the Haddon Matrix.’, Emergency (Tehran, Iran), 4(2), pp. 78–82. Available at: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27274517%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4893755.

ITF (2021), Road Safety Annual Report 2021: The Impact of Covid-19, OECD Publishing, Paris.

ITF (2022), Road Safety Annual Report 2022, OECD Publishing, Paris.

Mitchell, R. J., Bambach, M. R. and Toson, B. (2015) ‘Injury risk for matched front and rear seat car passengers by injury severity and crash type: An exploratory study’, Accident Analysis & Prevention, 82, pp. 171–179. doi: 10.1016/J.AAP.2015.05.023.

Naghavi, M. et al. (2015) ‘Global, regional, and national age-sex specific all-cause and cause-specific mortality for 240 causes of death, 1990-2013: A systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2013’, The Lancet, 385(9963), pp. 117–171. doi: 10.1016/S0140-6736(14)61682-2.

Nehal Khan, R. et al. (2020) ‘Pattern of injuries in road traffic accidents cases reporting to accident and emergency department of a hospital in Maharashtra’, IP International Journal of Forensic Medicine and Toxicological Sciences, 4(4), pp. 140–142. doi: 10.18231/j.ijfmts.2019.032.

Nugroho, A., & Yulianti, K. (2016). KARAKTERISTIK LUKA PADA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI INSTALASI KEDOKTERAN FORENSIK RSUP SANGLAH DENPASAR BALI 2012. E-Jurnal Medika Udayana, .

Payne-James et al. (2011). 'Simpson's Forensic Medicine'. London : Hodder Arnold

Peden, M. (2004) World Report on Road Traffic Injury Prevention. World Health Organization, Geneva

Reddy, K. S. N. and Murty, O. . (2014) The Essentials of Forensic Medicine and Toxicology, Journal of Punjab Academy of Forensic Medicine & Toxicology.

Romdiati, H. and Noveria, M. (2022) ‘Tren COVID-19 dan pembatasan mobilitas penduduk’, Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), p. 187. doi: 10.14203/jki.v16i2.706.

Sayyed Hadi Sayyed Hoseinian, MD; Mohammad H. Ebrahimzadeh, MD; Mohammad T. Peivandi, M. and Farshid Bagheri, MD; Jalil Hasani, MSc; Sogol Golshan, MD; Ali Birjandinejad, M. (2019) ‘Injury Patterns among Motorcyclist Trauma Patients ’:, the Archives of Bone and Joint Surgery, 367, pp. 367–372.

Shaikh, F., & Waseem, M. (2022). Head Trauma. In StatPearls. StatPearls Publishing.

Singh, R. et al. (2014) ‘Pattern, severity and circumtances of injuries sustained in road traffic ac

cidents: A tertiary care hospital-based study’, Indian Journal of Community Medicine, 39(1), pp. 30–34. doi: 10.4103/0970-0218.126353.

Vij, Krishan.v (2014) 'Textbook of Forensic Medicine and Toxicology. India: Elsevier.

Wiraguna, A. et al. (2017) ‘Analisis Daerah Dan Titik Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Kolektor Sekunder Di Kota Surakarta’, Matriks Teknik Sipil, 5(4), p. 1207. Available

at:https://jurnal.uns.ac.id/matriks/article/view/36901.

World Health Organization (WHO) (2018) ‘Global Status Report on Road’, World Health Organization,. Available at: http://apps.who.int/bookorders

Downloads

Published

2024-03-12

Issue

Section

Articles