Hubungan Celebrity Worship dengan Perilaku Berbelanja Kompulsif pada Remaja

Authors

  • Yulia Sari Bagian Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Kristina Fianiyanti Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Istar Yuliadi Bagian Ilmu Jiwa, RSUD Dr. Moewardi

DOI:

https://doi.org/10.20961/plexus.v1i2.28

Abstract

Latar Belakang: Perilaku berbelanja masyarakat dapat dipengaruhi oleh orang yang mereka idolakan. Pemujaan idola (celebrity worship) merupakan salah satu bagian dalam pengembangan identitas di masa remaja. Pemenuhan kebutuhan ketika menjadi bagian dari kelompok penggemar tidak bisa lepas dari praktik konsumsi. Namun jika dilakukan secara terus-menerus secara adiktif-obsesif dengan melakukan pembelian barang-barang yang tidak begitu diperlukan maka akan menjadi perilaku berbelanja kompulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dan perilaku berbelanja kompulsif pada remaja

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi potong lintang (cross sectional). Subjek yang dipilih berasal dari mahasiswa kedokteran UNS. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah non-probability sampling, dengan tipe purposive sampling. Dengan rumus besar sampel analitik korelatif ordinal-ordinal, dibutuhkan 100 subjek dalam penelitian ini sesuai dengan kriteria inklusi yakni berusia 17-21 tahun, memiliki minimal satu idola, dan bersedia menjadi subjek penelitian. Kriteria ekslusi yakni pernah didiagnosis gangguan jiwa dan tidak bersedia menjadi subjek penelitian.

Hasil: Penelitian ini dari hasil uji korelasi spearman bahwa terdapat hubungan antara celebrity worship dan perilaku berbelanja kompuslif remaja dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,272 dengan nilai signifikansi (p) 0,006. Uji linieritas menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara celebrity worship dan perilaku berbelanja kompuslif pada remaja

Keywords:

Celebrity Worship; , Perilaku Berbelanja Kompulsif; , Remaja

References

Anastasia, S., (2017). Pengaruh kontrol diri, celebrity worship dan kepribadian big five terhadap perilaku pembelian kompulsif penggemar JKT48 di Jabodetabek .UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi.

Alfarisi MB. (2017). Hubungan antara Celebrity WorshipYoutuber dengan Perilaku Iimitasi Pada Remaja.

Barida M. (2016). Pengembangan perilaku anak melalui imitasi. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education).

Dahlan, M.S., (2016). Besar sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: epidemiologi indonesia.

Devi FKC. (2015). Hubungan antara Celebrity Worship dan Compuslive Buying dalam Membeli Merchandise Idola Pada Dewasa Awal Fans JKT48 di Jakarta.

Hung, K., Chan, K.W. dan Caleb, H.T., (2011). Assessing celebrity endorsement effects in China: A consumer-celebrity relational approach. Journal of advertising research.

Kalhour M dan Ng JC. (2015).Compulsive buying behavior as a way to cope. Journal of International Management Studies.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L.E., Houran, J.dan Ashe, D., (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and individual differences.

Maltby J, McCutcheon LE, Ashe DD dan Houran J. (2001) The self-reported psychological well-being of celebrity worshippers. North American Journal of Psychology.

Mikołajczak-Degrauwe, K. dan Brengman, M., (2014). The influence of advertising on compulsive buying—The role of persuasion knowledge. Journal of behavioral addictions.

Müller, A., Mitchell, J.E. dande Zwaan, M., (2015). Compulsive buying. The American Journal on Addictions.

Ragelienė, T.,(2016). Links of adolescents identity development and relationship with peers: A systematic literature review. Journal of the Canadian Academy of Child and Adolescent Psychiatry.

Redmond, S.,(2016). The passion plays of celebrity culture. European journal of cultural studies.

Reeves, R.A., Baker, G.A. dan Truluck, C.S., (2012). Celebrity worship, materialism, compulsive buying, and the empty self. Psychology & Marketing.

Sawyer, S.M., Azzopardi, P.S., Wickremarathne, D. dan Patton, G.C., (2018). The age of adolescence. The Lancet Child & Adolescent Health.

Swami, V., Chamorro-Premuzic, T., Mastor, K., Siran, F.H., Said, M.M.M., et al. (2011). Celebrity worship among university students in Malaysia. European Psychologist.

Thege, B.K., Woodin, E.M., Hodgins, D.C. dan Williams, R.J., (2015). Natural course of behavioral addictions: A 5-year longitudinal study. BMC psychiatry

Wuryanta, E.W., (2011). Di antara Pusaran Gelombang Korea. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Downloads

Published

2022-04-07