INOVASI “KADAL SAKTI” DALAM PENYELENGGARAAN PENERIMA BANTUAN IURAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WONOGIRI
Main Article Content
Abstract
Pelayanan administrasi kependudukan diperlukan sinergi antara masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta lembaga pengguna. Hal ini berlaku untuk proses kepesertaan PBI JK Kesehatan yang menggunakan data kependudukan. Penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” dalam penyelenggaraan Penerima Bantuan Iuran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri, solusi yang akan dinerikan selama pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis penelitian empiris, pendekatan kualitatif, sifat penelitian deskriptif. Pengambilan data, didapatkan berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan inovasi “Kadal Sakti” sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 470/51/HK/2020 yang bekerja sama langsung dengan Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan Kabupaten Wonogiri. Inovasi “Kadal Sakti” berjalan sesuai kesepakatan dan menggunakan sistem yang bisa diakses secara real-time. Namun, terdapat kendala seperti eror server, kesadaran masyarakat dalam hal pelaporan peristiwa yang dirasa kurang, tetapi dapat diatasi dengan koordinasi dan sosialisasi secara berkala.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.