PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG; 2) pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat mengikuti PPG; 3) pengaruh efikasi diri dan Pengenalan Lapangan Persekolahan secara simultan terhadap minat mengikuti PPG. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2018 sebanyak 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, regresi linier berganda, koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG dengan hasil thitung 7,514 > ttabel 1,995 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat mengikuti PPG dengan hasil thitung 2,014 > ttabel 1,995 dan signifikansi kurang dari 0,05 (0,048 < 0,05); 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dan Pengenalan Lapangan Persekolahan secara simultan terhadap minat mengikuti PPG dengan nilai Fhitung 31,520 > Ftabel 3,128.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.