PERAN ART DIRECTOR DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERSAMA KPU KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.13057/noctis.v2i1.974Abstract
Penjelasan tentang peran art director dalam iklan layanan masyarakat bersama KPU Kota Surakarta. Pesan dari iklan layanan masyarakat ini secara garis besarnya mengsosialisasikan bagaimana langkah langkah menjadi pemilih cerdas. Dimulai dengan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pengenalan partai politik, kapan tanggal pemilihan umum, hingga peringatan untuk lebih selektif dalam menyebar informasi. Tentunya untuk pembuatan iklan layanan masyarakat dibutuhkan adanya kerjasama dari beberapa pembagian kerja, seperti director, art director, copywriter, editor, camera person, location manager dan talent manager. Sebagai art director, penulis bertugas untuk menggambarkan naskah yang telah dibuat dan bertanggung jawab dengan tampilan sebuah karya dari sudut artistik secara visual. Art director berperan sangat penting dalam pembuatan iklan layanan masyarakat karena art director menerjemahkan bagaimana situasi, pengambilan gambar, dan emosi yang diambil melalui gambar sehingga memberikan gambaran kepada kru sebelum eksekusi video serta berperan sebagai penyalur pesan melalui gambar yang akan diterbitkan melalui media cetak maupun digital.
Kata Kunci: Art Director, Artistik, Iklan Layanan Masyarakat
References
Bimo, Aryo. (2010). Pengertian art direction dan peranan seorang art director dalam periklanan.
Durianto, Darmadi, dan Cecilia Liana. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi Softener Soft dan Fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. Jurnal Penelitian Ekonomi, Bisnis.
Evanita Susi, AR Afnidarti, Armida S. (n.d.). Pengaruh terpaan iklan televisi terhadap perilaku konsumtif ibu rumah tangga di Kota Padang Sumatera Barat. Journal Manajemen.
Hapsari, P. (n.d.). Penerapan desain karakter dan art direction perancangan karakter film animasi.
Hastuti, S. (2013). Efektivitas iklan layanan masyarakat di televisi.
Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan.
Mahon, N. (2010). Basics advertising: Art direction. London: Ava Publishing.
Prastita, Hi- mawan. (2008). Memahami film. Yogyakarta : Homerian Pustaka.
Pujiyanto. (2014). Iklan layanan masyarakat. Yogyakarta: Andi Publisher.
Setiawan, N. (2013). Iklan media cetak di Pt. Mediatama Ciptacitra.
Subandi, P.(2011).Deskripsi kualitatif sebagai satu metode.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author(s) retain copyright of articles published in this journal, with first publication rights granted to Noctis.
All journal content is licenced under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to use the articles for non-commercial purposes with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.