Gambaran Tingkat Psikopatologi dengan Sistem Pembelajaran Daring pada Situasi Pandemi Covid 19 Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.20961/plexus.v1i3.37Keywords:
kecemasan, stres, depresi, siswa, daringAbstract
Pendahuluan: Pandemi merupakan bukan hal baru, pandemi sudah terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu pada Flu Spanyol. Namun dalam pandemi kali ini dunia dan utamanya Indonesia diberikan keadaan dengan munculnya virus corona atau Covid-19 pada 2019 yang telah melanda lebih dari 200 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini diharapkan untuk permasalahan yang sedang dialami oleh para siswa pada pembelajaran daring sehingga menimbulkan tekanan atau kecemasan, stress maupun depresi
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross-sectional, yang dilakukan kepada siswa SMAN 1 Kota Surakarta pada Oktober-November 2021. Metode pengambilan sampel berupa total sampling dengan kriteria inklusi maupun eksklusi. Variabel terikat adalah sistem pembelajaran daring pada siswa SMA. Dan menggunakan alat ukur surat yang menyatakan sekolah melakukan pembelajarn secara daring beserta operasionalnya. Variabel bebas adalah perilaku makan dan variabel terikat adalah stres, kecemasan, dan depresi. Data diambil menggunakan kuesioner Depression, Anxiety, and Stress Scale 42 (DASS 42). Kemudian seluruh data diolah untuk melihat nilai mean atau rata-rata dengan menggunakan aplikasi statistik SPSS.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis variabel penelitian, ditemukan hasil nilai rata-rata variabel dengan 93 responden yaitu variabel stress dengan nilai 53,25, kecemasan 60,79 dan depresi 37,80 berdasarkan kuesioner Depression, Anxiety, and Stress Scale 42 (DASS).
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian mengunakan metode observasional deskriptif terhadap 93 siswa di SMAN 1 Kota Surakarta diperoleh hasil, Stress selama dilakukannya system pembelajaran daring pada situasi pandemic covid 19 merupakan kejadian psikopatologi yang paling banyak terjadi dibandingkan kecemasan dan depresi.
Kata Kunci: Kecemasan, Stres, Depresi, Siswa, Daring
References
Ahmad, A. A., & Ambotang, A. S. Bin. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Persekitaran Keluarga Terhadap Stres Akademik Murid Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(5), 12–23. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i5.407
Akhtarul Islam, M., Barna, S. D., Raihan, H., Nafiul Alam Khan, M., & Tanvir Hossain, M. (2020). Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. PLoS ONE, 15(8 August), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238162
Arika, Y. (2020). Lebih dari 849 juta siswa di dunia belajar di rumah. Kompas. https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/03 /18/lebih-dari-849-juta-siswa-di-dunia-belajar-di- rumah/
Bonaria, J. (2021). Gangguan Kesehatan Mental Yang Disebabkan Oleh Pendidikan Jarak Jauh Terhadap Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(01 Oktober), 7. http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/307
Inama, S. (2021). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Dalam Sistem Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi Covid-19. Universitas Sumatera Utara Medan.
Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37, 1–8. https://doi.org/10.1590/1982-0275202037e200067
Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Raya Grafindo Persada.
National Institute of Mental Health. (2018). Depression. https://www.nimh.nih.gov/health/topics/depression/index.shtml
Spielberger, C. D. (2010). State‐Trait anxiety inventory. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1–1. https://doi.org/10.1002/9780470479216.corpsy0943.2010
World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report - 15 (Vol. 15). https://www.who.int/docs/defaultsource/searo/indonesia/COVID19/external-situation-report-15-
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sedah Herdiana, Debree Septiawan, Rohmaningtyas Hidayah Setyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright @2022. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).