Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Fast Food

Authors

  • Jehoash Fide Krisnaputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Josef Luther Amadeus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Nurul Istiqomah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20961/vxy6g693

Keywords:

Analytic Hierarchy, Proses (AHP), Keputusan Pembelian, Makanan Cepat Saji

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam sistem pendukung keputusan untuk memilih fast food. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, keputusan pembelian semakin kompleks dan signifikan bagi organisasi dan individu. Industri fast food menjadi bagian integral dari gaya hidup modern, menghadapkan konsumen pada berbagai pilihan produk dan layanan. AHP merupakan metode efektif untuk memecahkan masalah multi-kriteria, membantu penyusunan prioritas alternatif berdasarkan kriteria relevan. Penerapan AHP dalam sistem pendukung keputusan pembelian fast food memberikan panduan sistematis bagi pengguna dalam memilih produk atau layanan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Studi ini menunjukkan bagaimana AHP dapat diterapkan untuk meningkatkan kejelasan dan efektivitas dalam pengambilan keputusan pembelian fast food.

References

Abu Hassan, S., Hassan, N. A., Kin, T. Y., Mahat, N., & Ariffin, A. F. (2021). Companies’ perspectives on factors affecting consumer satisfaction in fast-food restaurant using fuzzy AHP. Journal of Computing Research and Innovation (JCRINN), 6(3), 42-52.

Ailawadi, K. L., Neslin, S. A., & Gedenk, K. (2009). Pursuing the value-conscious consumer: Store brands versus national brand promotions. Journal of Marketing, 73(6), 101-117.

Bare, M. A. D., Castro, F. M. F., Dahilig, J. A. V., Quimio, J. L. G., & Borres, R. D. (2021). A Comparison of Food Delivery Applications (GrabFood, FoodPanda, and Pick. A. Roo) in the Philippines through Utilization of Analytical Hierarchy Process.

Batty, M., Smith, J., & Jones, R. (2020). The use of Analytical Hierarchy Process in decision-making processes. Journal of Decision Systems, 29(3), 277-291.

Kannia, N., & Frieyadie, F. (2022). Analisa Pemilihan Aplikasi Pemesanan Makanan Online Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Sosial Teknologi, 2(11), 972-983.

Kumontoy, N. P., Saerang, D. P., & Arie, F. V. (2021). ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS APPROACH ON CUSTOMER REVISIT INTENTION OF CAFÉ AND BAR AT KAWASAN MEGAMAS MANADO (STUDY ON CABAL O’REILLYS, REPLAY). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1838-1847.

Kumar, A., & Rani, D. (2016). Analytical hierarchy process: an overview of applications. Global Journal of Engineering Science and Research Management, 3(12), 53-61.

Suh, H. J., & Lee, J. K. (2018). Factors influencing fast food consumption behaviors. International Journal of Hospitality Management, 75, 23-29.

Saaty, T. L. (1980). The Analytical Hierarchy Process. McGraw-Hill.

Yadav, R., & Pathak, G. S. (2017). Determinants of consumers' green purchase behavior in a developing nation: Applying and extending the theory of planned behavior. Ecological Economics, 134, 114-122.

Published

2024-11-13

How to Cite

Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Fast Food. (2024). Journal of Policy, 15(2), 57-66. https://doi.org/10.20961/vxy6g693