Pentingnya Pengembangan Wawasan Nusantara dalam Strategi Menjaga Budaya Indonesia

Authors

  • Nurfarahin Jamsari Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pengembangan wawasan Nusantara menjadi aspek penting dalam menjaga budaya Indonesia. Perkembangan zaman yang tidak berhenti berjalan dapat memudarkan unsur-unsur budaya asli Indonesia. Pudarnya unsur-unsur budaya asli, seperti bahasa daerah dan adat istiadat dapat menimbulkan masalah bagi wawasan Nusantara. Bahasa daerah sebagai unsur budaya asli yang mudah tergerus akan perkembangan zaman dan hilangnya penutur asli membuat kekhawatiran tersendiri. Adat dan istiadat yang kian memudar terlebih di masyarakat tradisional, seperti gotong royong yang semakin menghilang mengakibatkan kekhawatiran akan hilangnya jati diri Indonesia sedikit demi sedikit. Artikel ini akan membahas tentang tantangan-tangangan budaya Indonesia dan strateginya melalui pengembangan wawasan Nusantara. Melalui analisis konsep wawasan Nusantara, tantangan yang dihadapi, dan strategi untuk menjaga unsur-unsur budaya artikel ini menyoroti bagaimana pengembangan wawasan nusantara menjadi landasan yang kokoh dalam menjaga budaya Indonesia. Dengan memahami dan mempelajari bagaimana cara mempertahankan warisan asli budaya, diharapkan masyarakat dapat membangun pondasi yang kuat untuk mempertahankan identitas dan meningkatkan integritas nasional.

Kata Kunci: Indonesia, wawasan Nusantara, budaya.

Keywords:

Indonesia, wawasan Nusantara, budaya

References

Budiarto, Gema. (2020). Dampak Cultural Invasion terhadap Kebudayaan Lokal: Studi Kasus terhadap Bahasa Daerah. Jurnal Pamator; Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(2), 183-193.

Darmawan, Wewen, Amrazi Zakso, & Gusti Budjang A. (2016). MEMUDARNYA NILAI-NILAI BUDAYA “BELALEK” DALAM BIDANG PERTANIAN PADA MASYARAKAT PEDESAAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3), 1-14.

Perdana, Maulana Teguh. (2024, Juni 10). Pentingnya Pelestarian Bahasa Daerah dalam Mempertahankan Keaneragaman Budaya. https://setneg.go.id/baca/index/pentingnya_pelestarian_bahasa_daerah_dalam_mempertahankan_keanekaragaman_budaya

Pun, Rep. (2024, April 1). UNESCO: Setiap Dua Minggu, Satu Bahasa Daerah Punah di Duia. https://jabarprov.go.id/berita/unesco-setiap-dua-minggu-satu-bahasa-daerah-punah-di-dunia-12944.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Jamsari, N. (2024). Pentingnya Pengembangan Wawasan Nusantara dalam Strategi Menjaga Budaya Indonesia. Souvereignty, 3(2), 97–101. Retrieved from https://journal.uns.ac.id/Souvereignty/article/view/1527