KEGIATAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DIY
DOI:
https://doi.org/10.13057/noctis.v2i1.963Keywords:
Promosi, Media Sosial, Perpustakaan UmumAbstract
Perpustakaan sebagai sumber informasi harus dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat luas terlebih lagi pada perkembangan teknologi perpustakaan dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promos untuk mencapai tujuan sebuah perpustakaan sebagai sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan promosi perpustakaaan melalui media sosial yang di lakukan di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan promosi melalui media sosial di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY yang dilakukan dengan media sosial Instagram, Facebook, YouTube, TikTok. Aktivitas yang dilakukan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY dalam promosi melalui media sosial mengunggah konten yang berfokus pada layanan dan fasilitas yang di miliki oleh Balai layanan Perpustakaan DPAD DIY. Konten yang diunggah disajikan degan menarik dan kreatif untuk menarik perhatain para pengguna media sosial baik dengan cara mengikuti tren kekinian, gambar dan video animasi yang menarik dan edukatif.
References
Indiriyeni. 2020. Strategi promosi perpustakaan. Dispusip Pekan Baru Indriasari, M. 2017. Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press
Kurniasih, N. (2016). Optimalisasi penggunaan media sosial untuk perpustakaan. Universitas Padjajaran. https://osf.io/preprints/inarxiv/aj2z9/download
Lestari, D.E.G. 2020. “Upaya pengelolaan perpustakaan umum dalam meningkatkan minat baca (Suatu Studi Di Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Malang)”. Jurnal Maharsi, 2 (2), 18-28. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/maharsi/article/view/1051/527
Maretno, S & Marlini, M. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5 (1). https://baitululum.fah. uinjambi.ac.id/index.php/b_ulum/article/view/98
Mustofa, A., & Iryanti, E. (2022). Strategi promosi perpustakaan melalui media sosial di Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY. Jurnal Perpustakaan, 11(2), 127-140.
Nastiti, F. A. (2022). Strategi promosi layanan perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro. Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/ dokumen/detail/94740/Strategi-Promosi-Layanan-Perpustakaan-di-Dinas-Perpustakaan- dan-Kearsipan-Kabupaten-Bojonegoro
Prihartanta, W. 2015. Tujuan promosi perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3 (38), 1-9. https://www.academia.edu/download/40847928/TUJUAN_PROMOSI_PERPUSTAKAAN.pdf
Purwa, I. B. G. (2022). Pemanfaatan media sosial menuju masyarakat cerdas berpengetahuan. Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1). https://perpustakaan.undiksha.ac.id/ wpcontent/uploads/sites/28/2022/06/kompilasi-49-58.pdf
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA
Syahputra, R. (2019). Strategi pemasaran dalam Alquran tentang promosi penjualan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6 (2). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author(s) retain copyright of articles published in this journal, with first publication rights granted to Noctis.
All journal content is licenced under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to use the articles for non-commercial purposes with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.