CONTENT MANAGEMENT SYSTEM OPENCART UNTUK MENDUKUNG BISNIS KOSMETIK
DOI:
https://doi.org/10.13057/noctis.v2i1.971Keywords:
Bisnis Digital, Content Management System, OpenCartAbstract
Bisnis digital telah berkembang dengan pesat melalui berbagai macam platform. Para pebisnis muda dipandang sebagai individu yang turut bertanggung jawab dalam pergerakan bisnis digital di Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya penerapan bisnis digital dengan menggunakan Content Management System OpenCart yang merupakan sebuah sistem pengelolaan bisnis online melalui website yang dapat diperoleh secara gratis. Melalui studi kepustakaan dan studi literatur maka dapat disimpulkan bahwa CMS OpenCart ini telah mendukung dan mempermudah dalam menjalankan bisnis digital dan dapat digunakan oleh pengusaha kosmetik untuk membangun toko online dengan mudah. CMS OpenCart mempunyai fitur unggulan yang dapat memudahkan pengelolaan konten website diantaranya: multi store, SEO, multi user, full custom dashboard dan afiliasi.
References
Baenil Huda, Bayu Priyatna. (2019). Penggunaan aplikasi content management system (CMS) untuk pengembangan bisnis berbasis e-commerce. Jurnal Systematics, 1(2), 81-88.
Ferdinandus Lidang Witi, Yosep D. Fa Yen Khwuta. (2022). Rancang bangun sistem e- commerce menggunakan aplikasi content management system OpenCart untuk meningkatkan penjualan (Studi kasus pada DnD Collection). Jurnal Jupiter, 14(2).
Harisno, Pujadi, T. (2009). E-business dan e-commerce sebagai trend tak-tik baru perusahaan. Comm Informasi Teknologi , Vol. 3 No. 2, 66.
Nafisah Yuliani, Andika Yunianto, Marnis. (2022). Implementasi penggunaan CMS OpenCart dalam upaya toko online Naik Kelas. Jurnal Tekinfo, 23(2).
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Mufadhol. (2017). OpenCart sebagai alternatif pilihan content management system (CMS) e-commerce dalam e bisnis. Jurnal Universitas Semarang. http://repository.usm.ac.id/files/journalnas/G007/20170518025604OPENCART SEBAGAI-ALTERNATIF-PILIHAN-CONTENT-MANAGEMENT-SYSTEM-(CMS)-E- COMMERCE-DALAM-E-BISNIS.pdf
S. Handayani. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis e -commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. Ilkom Jurnal Ilmiah. 10(2), 182.
Sulistiyono, R.P. (2013). Development using CMS. COMLABS USDI-ITB Xiaowen. (2019). CMS Opencart:Cari tahu tentang pengertian dan keunggulan menggunakannya. Diakses 12 September 2023. https://sivistys.net/cmsopencart/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Author(s) retain copyright of articles published in this journal, with first publication rights granted to Noctis.
All journal content is licenced under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to use the articles for non-commercial purposes with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.