OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Authors

  • Bachrul Ilmi
  • Indiana Widyarini

Abstract

Media sosial merupakan medium di internet yang berfungsi untuk membentuk ikatan sosial secara virtual. Sedangkan promosi digital, merupakan bentuk komunikasi pemasaran dua arah yang terjadi secara virtual. Berdasarkan hasil pra-penelitian yang dilaksanakan bersama informan mengenai promosi unggul saat pandemi Covid-19 di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai pengelolaan media promosi digital, dengan fokus pembahasan jenis Instagram dalam upaya meningkatkan literasi informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Berdasarkan hasil analisis dari pembahasan, peneliti menarik kesimpulan antara lain: (1) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan optimalisasi secara penuh pada praktik produksi dan distribusi konten, (2) Faktor pendorong meliputi riset konten, kualitas informasi, dan strategi optimalisasi, dan (3) Inovasi pengelolaan berupa kualitas konten, pelayanan virtual, dan survei kebutuhan.

Keywords:

media sosial, perpustakaan, promosi digital

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (1st ed.).

Arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Aksara. Hoeroestijati. (2020). Media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan (Studi kasus di Perpustakaan Universitas Airlangga). JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 9(2), 72. https://doi.org/10.20473/ jpua.v9i2.2019.72-78

Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Malau, H. (2018). Manajemen pemasaran: Teori dan aplikasi pemasaran era tradisional sampai era modernisasi global (2nd ed.). Toko Buku Bandung CV Alfabeta.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rohaeni, H. (2016). Peranan promosi melalui personal selling terhadap volume penjualan. Ecodemica, IV(2), 223-231. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/ article/view/802

Schreiber, J. (2011). Educational research.

John Wiley & Songs, INC. Sekaran, U. (2017). Metode penelitian untuk bisnis. Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Bachrul Ilmi, & Widyarini, I. . (2023). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. NOCTIS, 2(1). Retrieved from https://journal.uns.ac.id/noctis/article/view/52-65

Issue

Section

Articles