EVALUASI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dea Farahdiba Farahdiba
  • Nur Hikmah Andika Suci Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.20961/meister.v1i1.437

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran online, Pandemi covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada perubahan tatanan kehidupan sosial serta menurunnya kinerja perekonomian di sebagian besar negara di dunia. Di Indonesia, pandemi covid-19 juga berdampak pada beberapa perusahaan startup yang mulai berdiri pada tahun 2018. Salah satu Startup Teknologi Pendidikan yang berlokasi di Jakarta menghadirkan platform pembelajaran online untuk seluruh siswa di Indonesia tingkat SMP dan SMA. Platform tersebut dibuat untuk memudahkan belajar siswa dan lebih fokus di akses di mana saja. Namun, ada keluhan tentang masalah dan saran dari pengguna. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas layanan, perlu dilakukan evaluasi terhadap apa yang terdapat dalam aplikasi dan website untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar di era pandemi covid-19, di mana sebagian besar setiap pekerjaan telah beralih ke work from home. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang paling sering dialami oleh pengguna dan bagaimana penerapan promosi yang dilakukan oleh start-up untuk meningkatkan jumlah pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah perusahaan start-up di Jakarta. Penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa implementasi promosi yang dilakukan meningkatkan jumlah pengguna dan rasa puas dialami oleh pengguna start-up.

Downloads

Published

11-01-2023

How to Cite

EVALUASI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19. (2023). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.20961/meister.v1i1.437