DETERMINAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE GENERASI Z DI KOTA SEMARANG

Authors

  • C. Tri Widiastuti - Universitas Semarang
  • Nuria Universari
  • Irene Nathalia Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.748

Keywords:

Generasi Z, Media Sosial, Gaya Hidup, E-Wallet

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menilai dampak media sosial, gaya hidup, dan e-wallet pada perilaku konsumsi belanja online generasi Z di Kota Semarang. Metode Kuantitatif digunakan dalam penelitian. Teknik sampel dengan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Populasi adalah Generasi Z di kota Semarang pada rentang usia 18-24 tahun atau generasi yang berada pada tingkat perguruan tinggi dengan status mahasiswa. Analisis Data menggunakan SPSS v. 26 yaitu Uji instrumen, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Temuan peneliti menunjukkan bahwa media sosial, gaya hidup, dan e-wallet berdampak positif dan signifikan terhadap pola konsumtif belanja di dunai maya Generasi Z. Perilaku membeli ini didukung oleh berbagai kemudahan yang diberikan oleh aplikasi e-wallet dan telah menjadi gaya hidup Generasi Z untuk mendapatkan kepuasan dan prestise yang maksimal untuk sekadar menunjukkan status sosial. Hal ini berdampak pada timbulnya perilaku belanja yang konsumtif pada generasi Z.

Downloads

Published

30-07-2023

How to Cite

DETERMINAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE GENERASI Z DI KOTA SEMARANG. (2023). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(2), 121-133. https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.748

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.