Plagiarism and Reference

Plagiarism Check

Setiap naskah akan diperiksa menggunakan Turnitin untuk memastikan keasliannya. Tingkat kesamaan maksimum yang diperbolehkan dalam IJED adalah 25%.

Reference Style

Referensi yang digunakan adalah APA Style Reference.

Penulisan Referensi disesuaikan dengan templat Jurnal IJED dan diurutkan berdasarkan abjad nama belakang penulis pertama. Hanya referensi yang dikutip dalam teks yang harus disertakan. Pastikan referensi yang dikutip sesuai dengan APA Style Reference. Semua referensi harus menggunakan font dengan ukuran 12 pt dan single-spaced.

CATATAN: Saat memformat referensi, harap ikuti gaya referensi APA (Edisi ke-6). Pastikan bahwa referensi benar-benar sesuai dengan gaya yang ditentukan jurnal, jika tidak, artikel Anda tidak akan diterima. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat memperhatikan pedoman the Publication Manual of the American Psychological Association (untuk rincian lebih lanjut http://www.apastyle.org/).

Gaya kutipan APA-6 berbeda-beda sesuai dengan posisinya dalam sebuah kalimat. Di akhir kalimat akan terlihat seperti ini ‘(Pfeffer & Salancik, 1978).’ atau ‘Alimisis (2012)’ yang diterapkan pada kutipan yang dianggap author centric ataupun di awal kalimat. Jika ada banyak penulis maka dituliskan dengan ungkapan 'Alawin et al. (2016)'. Dalam kasus lain bisa terdapat dua atau lebih kutipan, sehingga referensi harus dipisahkan dengan titik koma (Ary, Jacobs, Sorensen, & Razavieh, 2010; Davenport, 2000; Wimmer & Dominick, 1994).

Pada bagian referensi, gaya untuk jenis sumber tertentu akan berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

Untuk buku: pengarang, (tahun), judul buku, nomor halaman atau bab, kota, penerbit.

Wimmer, RD, & Dominick, JR (1994). Analisis Konten. Belmont, California: Wadsworth Publishing Co 1994.

Untuk makalah jurnal: penulis, (tahun), judul makalah (dalam tanda kutip), nama jurnal, nomor volume dan terbitan, nomor halaman (inklusif).

Alawin, A.A., Rahmeh, TA, Jaber, J.O., Loubani, S., Dalu, S.A., Awad, W., & Dalabih, A. (2016). Pendidikan energi terbarukan di sekolah teknik di Yordania: Kursus yang ada dan tingkat kesadaran siswa senior. Tinjauan Energi Terbarukan dan Berkelanjutan, 65, 308-318. doi:10.1016/j.rser.2016.07.003

Untuk makalah atau bab prosiding dalam buku yang diedit: penulis, (tahun), judul makalah atau bab (dalam tanda kutip), judul volume, editor, nomor volume (jika ada), penerbit, kota, nomor halaman (inklusif).

Alimisis, D. (2012). Robotika dalam Pendidikan & Pendidikan Robotika: Pergeseran Fokus dari Teknologi ke Pedagogi. Makalah dipresentasikan pada Konferensi Internasional Robotika dalam Pendidikan ke-3, Praha.

Pfeffer, J., & Salancik, GR (1978). Kontrol Sosial Organisasi. Dalam J. Greenman (Ed.), Pengendalian Eksternal Organisasi: Perspektif Ketergantungan Sumber Daya (hlm. 39-61). New York: Harper & Row, Penerbit, Inc.

Sehingga hasil penulisan dapat dilihat sebagai berikut:

REFERENCES

Alawin, A. A., Rahmeh, T. A., Jaber, J. O., Loubani, S., Dalu, S. A., Awad, W., & Dalabih, A. (2016). Renewable energy education in engineering schools in Jordan: Existing courses and level of awareness of senior students. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 65, 308-318. doi:10.1016/j.rser.2016.07.003

Alimisis, D. (2012). Robotics in Education & Education in Robotics: Shifting Focus from Technology to Pedagogy. Paper presented at the 3rd International Conference on Robotics in Education, Prague.

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Razavieh, A. (2010). Introduction to research in Education (8th ed.). United States: Wadsworth Cengage Learning.

Davenport, T. H. (2000). Mission Critical : Realizing the Promise of Enterprise Systems. Boston , Massachusetts: Harvard Business School Press.

Pfeffer, J., & Salancik, G. R. (1978). Social Control Of Organizations. In J. Greenman (Ed.), The External  Control of Organizations : A Resource Dependence Perspective (pp. 39-61). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.