Evaluation of Minimum Service Standard Implementation in Surakarta City in 2020-2022
DOI:
https://doi.org/10.20961/akumulasi.v3i1.1765Keywords:
budget, evaluation, implementation, minimum service standards, principlesAbstract
This study aims to examine the development of the Minimum Service Standards (SPM) budget in Surakarta City from 2020 to 2022 and evaluate the implementation of SPM according to the principles set out in Government Regulation Number 2 of 2018. The research employs a descriptive qualitative approach, utilizing data collection methods such as interviews, observations, literature review, and documentation. The results of this study reveal that the SPM budget in Surakarta City fluctuated between 2020 and 2022, with increases due to the COVID-19 pandemic and subsequent decreases as the pandemic's impact lessened. Surakarta City has complied with all the SPM principles outlined in Government Regulation Number 2 of 2018. This study recommends that the Surakarta City Financial and Asset Management Agency (BPKAD) continue prioritizing the SPM budget. Moreover, it is advised that BPKAD ensure that relevant regional authorities adhere to SPM principles effectively.
References
Afrianis, Y., Chriswardani, S., & Wulan, K. (2021). Analisis peningkatan standar pelayanan mininal pada usia pendidikan dasar selama pandemi COVID-19 di Puskesmas Andalas Kota Padang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 9(6), 841-847. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i6.31786
Carissa, R.D., & Fentiny, N. (2019). Implementasi kebijakan pemenuhan layanan dasar dalam panti bagi penyandang terlantar melalui standar pelayanan minimal bidang sosial. Jurnal Sosio Informa, 5(3). https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1884
Fitrah, M., & Luthfiyah, L. (2017). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak Publisher Jawa Barat.
Halim, A., & Kusufi, M.S. (2014). Teori, konsep, dan aplikasi akuntansi sektor publik dari anggaran hingga laporan keuangan, dari pemerintah hingga tempat ibadah. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Cetakan Pertama. Wal Ashri Publishing. Sumatera Utara.
Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Cetakan Pertama. Pustaka Ilmu. Yogyakarta.
Husna, A., & Suryana, B. (2017). Metodologi penelitian dan statistik. Cetakan Pertama. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Kalele, J. R. V., Femmy, T & Evelin, K. (2023). Efektivitas standar pelayanan minimal pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, 19(2), 1081-1090. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v19i2.48382
Kementerian Dalam Negeri. (2020). Peraturan menteri dalam negeri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah. BN.2020/No.1781. Jakarta.
Kementerian Dalam Negeri. (2021). Peraturan menteri dalam negeri nomor 59 tahun 2021 tentang penerapan standar pelayanan minimal. BN.2021/No.1419. Jakarta.
Mahmudi. (2016). Akuntansi sektor publik. Edisi Revisi. Cetakan Pertama. UII Press Yogyakarta. Yogyakarta.
Maulina, R., & Syukri, A. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi penganggaran berbasis kinerja di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 4(4), 569-578. https://jim.usk.ac.id/EKA/article/view/15317
Pemerintah Indonesia. (2014). Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. LN.2014/No.244. Jakarta.
Pemerintah Pusat. (2018). Peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal. LN.2018/No.2. Jakarta.
Prakasa, G.S., & Agustina, S. (2022). Dampak efektivitas dan efisiensi belanja pemerintah daerah sektor kesehatan dan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat di Pulau Jawa. Media Ekonomi, 30(1), 17-30. https://doi.org/10.25105/me.v30i1.10133
Romenda, A.Y., & Ningsih, E.S. (2020). Penerapan anggaran berbasis kinerja (performance based budgeting) dalam pengelolaan keuangan daerah Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 5(1), 50-58. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7123
Sarastri, L., Indarto & Paulus, W. (2023). Strategi meningkatkan capaian standar pelayanan minimal pada pemerintah Kota Magelang. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(4), 379-389. http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v21i4.7531
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Alfabeta. Bandung.
Suryanto & Kurniati, P. S. (2019). Tinjauan perubahan sistem penganggaran berbasis kinerja di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan, 1(2). https://doi.org/10.20527/jpp.v1i2.2441
Wardani, R., Dewi, D. A. S., Syafingi, H. M., & Suharso, S. (2019). Pelaksanaan kebijakan standar pelayanan minimal kesehatan Kabupaten Magelang tahun 2017-2019 dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Amnesti: Jurnal Hukum, 1(2), 56-70. https://doi.org/10.37729/amnesti.v1i2.646