PERAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MITIGASI PERUBAHAN IKLIM MELALUI KEGIATAN BUTO IJO (BUDAYA TANAMAN HIJAU) DI SDN MAJA SELATAN 6
DOI:
https://doi.org/10.20961/eyht8b09Keywords:
Perubahan Iklim, Penghijauan, mitigasi, sekolahAbstract
Perubahan iklim, baik alami maupun disebabkan oleh manusia, telah menjadi fokus perhatian global karena dampaknya yang merugikan. Di Indonesia, perubahan iklim menyebabkan berbagai masalah seperti banjir, kekeringan, dan kenaikan suhu. Mitigasi perubahan iklim menjadi sangat penting, dengan kegiatan penghijauan sebagai salah satu upaya efektif. Kegiatan Buta Ijo di SDN Maja Selatan VI merupakan implementasi penghijauan di lingkungan sekolah. Melalui partisipasi siswa dan metode Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini memperkuat kesadaran lingkungan dan menjaga ekosistem. Penerapan Buta Ijo melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tantangan seperti kesadaran siswa dan kesulitan teknis diatasi dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa, memilih tanaman yang tepat, dan melakukan monitoring secara berkala. Dampak nya meliputi lingkungan sekolah yang lebih hijau dan sehat serta peningkatan kesadaran lingkungan siswa. Manfaat jangka panjang mencakup penyediaan lingkungan yang sehat, mitigasi perubahan iklim, dan konservasi sumber daya. Kegiatan Buta Ijo bukan hanya berdampak lokal, tetapi juga mendukung upaya global dalam mengatasi perubahan iklim.
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari, 11. https://lp2m.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/Materi-PAR-P.-Agus.pdf
Edi Irawan. (2020). Model Pengabdian Berbasis Kompetisi. Yogyakarta. Zahir Publishing.
Hartono, D. (2023). Perubahan Iklim Dan Dampaknya Pada Indonesia. Jurnal Mirai Management, 8(2), 170–183.
Keman, S. (2007). Perubahan Iklim Global, Kesehatan Manusia Dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Kesehatan Lingkungan Unair, 3(2), 195–204.
Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Masa Depan Kampus Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. 143. Bintang Visitama Publisher.
Okoli, J. N., & Ifeakor, A. C. (2014). An Overview of Climate Change and Food Security: Adaptation Strategies and Mitigation Measures in Nigeria. Journal of Education and Practice, 5(32), 13–20. www.iiste.org
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Environment and Disaster
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.