Transformasi Pendidikan Vokasi Melalui Game-Based Learning: Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1610Keywords:
Education, educational technology, game-based learning, technical education, vocational educationAbstract
Lingkungan belajar mengajar selayaknya menciptakan interaksi yang dinamis dan inspiratif, sehingga penting untuk mencari teknik dan metode pengajaran yang inovatif. berkembangnya teknologi, berbagai metode inovatif telah diterapkan dalam pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, salah satunya adalah game-based learning (GBL). GBL merupakan pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan elemen permainan untuk mendukung dan memperkaya pengalaman belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, dan praktik terbaik dalam penerapan GBL di lingkungan vokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber data berasal dari jurnal terindeks Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game-based Learning (GBL) menawarkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang dapat disesuaikan dengan berbagai konteks dan tujuan pembelajaran, serta memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pendidikan kejuruan. Namun, diperlukan strategi yang efektif oleh pendidik untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam implementasinya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Nur Azmi Wahyudi, Matias Vico Anggoro Kristanto, Ratih Friska Dwi Andini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.