EDUTAINMENT : Strategi Mencegah Persepsi Menakutkan pada Pembelajaran Matematika Sejak Dini (Sebuah Kajian Pustaka)

Authors

  • Matias Vico Anggoro Kristanto Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Muhamad Nur Azmi Wahyudi Magister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1615

Keywords:

Edutainment, Disposisi Matematis

Abstract

Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Namun, di balik megahnya kebermanfaatan pembelajaran matematika, masih banyak ditemukan permasalahan siswa dalam belajar matematika. Kesulitan belajar matematika yang tidak diatasi sejak dini akan berdampak kesulitan matematika pada jenjang selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran edutaiment dalam mengembangkan kemampuan disposisi matematis siswa guna mencegah persepsi menakutkan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan tinjauan naratif dari berbagai artikel ilmiah dengan topik edutainment dan kemampuan disposisi matematis. Hasil penelitian diperoleh pengembangan kemampuan disposisi matematis siswa guna mencegah persepsi menakutkan pada pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan menerapkan konsep pembelajaran edutaiment yang dikombinasikan dengan pemilihan media pembelajaran interaktif yang mengandung konten permasalahan kontekstual matematika yang mampu memancing siswa untuk berfikir mencari solusi dari pemecahan masalah dan menggunakan pendekatan SAVI dapat membantu siswa mengembangkan sikap yang lebih positif dan percaya diri terhadap matematika.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

EDUTAINMENT : Strategi Mencegah Persepsi Menakutkan pada Pembelajaran Matematika Sejak Dini (Sebuah Kajian Pustaka). (2024). Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 52-60. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1615