EDUTAINMENT : Strategi Mencegah Persepsi Menakutkan pada Pembelajaran Matematika Sejak Dini (Sebuah Kajian Pustaka)
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1615Keywords:
Edutainment, Disposisi MatematisAbstract
Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Namun, di balik megahnya kebermanfaatan pembelajaran matematika, masih banyak ditemukan permasalahan siswa dalam belajar matematika. Kesulitan belajar matematika yang tidak diatasi sejak dini akan berdampak kesulitan matematika pada jenjang selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran edutaiment dalam mengembangkan kemampuan disposisi matematis siswa guna mencegah persepsi menakutkan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan tinjauan naratif dari berbagai artikel ilmiah dengan topik edutainment dan kemampuan disposisi matematis. Hasil penelitian diperoleh pengembangan kemampuan disposisi matematis siswa guna mencegah persepsi menakutkan pada pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan menerapkan konsep pembelajaran edutaiment yang dikombinasikan dengan pemilihan media pembelajaran interaktif yang mengandung konten permasalahan kontekstual matematika yang mampu memancing siswa untuk berfikir mencari solusi dari pemecahan masalah dan menggunakan pendekatan SAVI dapat membantu siswa mengembangkan sikap yang lebih positif dan percaya diri terhadap matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Matias Vico Anggoro Kristanto, Muhammad Nur Azmi Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.