Implementasi Pemanfaatan Metode Index Card Match Untuk Mengukur Kemampuan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v1i02.1030Keywords:
Study Results, Methods, TechnologyAbstract
Melalui pendidikan seseorang mampu memahami dan menciptakan teknologi baru dengan maksud dan tujuan untuk mempermudah dalam mengerjakan pekerjaan serta memudahkan dalam memecahkan permasalahan. Ilmu-ilmu yang dipelajari di dalam dunia pendidikan sangatlah bermacam-macam mulai dari ilmu alam, ilmu pasti, ilmu sosial, ilmu ekonomi dan ilmu budaya. Semuanya merupakan ilmu-ilmu yang dipelajari oleh masing-masing individu yang sifatnya tergantung dari kemauan individu tersebut dalam mempelajarinya. Salah satu unsur penting dalam proses belajar mengajar adalah metode pembelajara dengan menggunakan metode indek card match lebih menjamin keberhasilan dalam pembelajaran yang dilakukan di sekolah secara optimal, sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkannya. Belajar merupakan bagian dari hidup setiap manusia. Dengan belajar manusia dapat meningkatkan kemampuan baik, dalam keterampilan, pengetahuan, nilai dan sikap yang nantinya bermanfaat untuk diri sendiri maupun dalam kehidupan bermasyarakat, belajar merupakan perubahan tingkah laku yang disadari dan timbul akibat praktek pengalaman latihan bukan kebetulan. pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkah laku, dari tidak adanya kegiatan sampai adanya kegiatan atau aktivitas dalam belajar. Dengan perkataan terjadi komunikasi antara siswa dengan media atau secara tidak langsung tentunya antara siswa dengan pendidik. Metode ini juga dapat memberikan semangat belajar di kelas kepada siswa. Hasil belajar pada SDN Mulur 03 Sukoharjo masih tergolong rendah, hal ini diperlihatkan dengan 13 siswa tuntas atau 52% dan 12 siswa belum tuntas atau 48%. Pada pembelajaran perbaikan siklus pertama aktivitas siswa hanya sebesar 58,9 dan dikatakan cukup, kemudian pada siklus kedua sebesar 88,16. Nilai belajar siswa setelah diterapkan penelitian dengan metode indek card match ini memproleh hasil yang baik, dimana pada siklus pertama memperoleh nilai 60,71 dan pada pembelajaran Siklus II memperoleh nilai 82,14. Hasil tersebut dapat dijadikan bukti bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode indek card match memiliki hasil yang baik untuk siswa di sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Budi Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.