PELANGGARAN ETIKA BISNIS MENJUAL PRODUK BERSEGMENTASI KHUSUS DI MINIMARKET

Authors

  • Niko Dwi Haryanto Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Bandung
  • Andini Mareta Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Bandung
  • Ervina Islamiati Administrasi Bisnis Sektor Publik, Politeknik STIA LAN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.441

Keywords:

Business ethics, special segmentation, minimarkets, management, government, community

Abstract

Etika bisnis didefinisikan sebagai kebiasaan baik dan pentingnya kebutuhan etika dalam bisnis tidak bisa diabaikan, prinsip etika bisnis mencakup pelaku bisnis mulai dari proses perencanaan sampai dengan pengawasan. Pelanggaran etika bisnis dalam menjual produk bersegmentasi khusus di minimarket tentu dapat membentuk citra yang buruk. Studi ini menganalisis penyebab adanya pelanggaran etika bisnis dalam menjual produk bersegmentasi khusus di minimarket. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan literatur dan observasi sebagai sumber referensi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggaran bisnis pada konteks ini harus diperbaiki dengan adanya prosedur, peran pemerintah atau badan yang berwenang dan peran masyarakat dalam melaporkan adanya pelanggaran etika bisnis tersebut untuk meminimalisir pelanggaran etika yang harus terjadi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak hanya sistem yang perlu diperbaiki, tetapi budaya dari manajemen minimarket itu sendiri yang harus memulai terlebih dahulu.

Downloads

Published

30-07-2023

How to Cite

PELANGGARAN ETIKA BISNIS MENJUAL PRODUK BERSEGMENTASI KHUSUS DI MINIMARKET. (2023). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(2), 99-104. https://doi.org/10.20961/meister.v1i2.441

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.