ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK MELALUI PENDEKATAN TEORI TES KLASIK
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v1i02.1045Keywords:
Tingkat Kesukaran, Teori Tes Klasik, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai MutlakAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana butir-butir soal buatan guru apakah telah memenuhi standar tingkat kesukaran soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran Matematika Wajib materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak kelas X semester ganjil yang dibuat oleh guru mata pelajaran Matematika Wajib di SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik dokumentasi berupa lembar jawaban siswa yang berjumlah 101 orang. Soal yang diujikan berbentuk pilihan ganda (multiple choice) berjumlah 34 soal. Data dianalisis dengan pendekatan Teori Tes Klasik menggunakan bantuan salah satu aplikasi yaitu software Microsoft Excel. Butir soal yang sudah dikoreksi kemudian diinput pada Microsoft Excel, kemudian dihitung tingkat kesukaran tiap butir soal tersebut menggunakan rumus. Adapun tingkat kesukaran dari 34 butir soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran Matematika Wajib kelas X SMAS Mujahidin Pontianak ditemukan 10 butir soal tergolong sukar dengan persentase sebesar 29%, 24 butir soal tergolong sedang dengan persentase sebesar 71%, dan tidak ada soal yang tergolong kategori mudah (0%). Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa butir soal tersebut masih kurang baik, karena tidak memenuhi kaidah proporsi tingkat kesukaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meli Lestari, Halini, Tari Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.