Persepsi Peserta Didik Tentang Efektivitas Komunikasi Pembelajaran dan Selera Humor Pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v1i02.1147Keywords:
Komunikasi pembelajaran, selera humor, pembelajaran daringAbstract
Evolusi di bidang teknologi pendidikan memicu transisi dari metode pembelajaran tradisional ke pembelajaran daring. Hal ini mendorong guru berinovasi dalam menciptakan proses pembelaajran yang efektif. Guru menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi dan melakukan komunikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas komunikasi pembelajaran dan selera humor pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden merupakan peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif dengan grafik untuk penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran dengan metode diskusi atau sharing secara efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Selipan humor pada proses pembelajaran juga secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran daring. Guru perlu terus berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada, serta menerapkan komunikasi pembelajaran daring yang optimal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilmawan Wibawanto, Relly Prihatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.