Persepsi Peserta Didik Tentang Efektivitas Komunikasi Pembelajaran dan Selera Humor Pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Hilmawan Wibawanto Universitas Sebelas Maret
  • Relly Prihatin Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.20961/ijolii.v1i02.1147

Keywords:

Komunikasi pembelajaran, selera humor, pembelajaran daring

Abstract

Evolusi di bidang teknologi pendidikan memicu transisi dari metode pembelajaran tradisional ke pembelajaran daring. Hal ini mendorong guru berinovasi dalam menciptakan proses pembelaajran yang efektif. Guru menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi dan melakukan komunikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas komunikasi pembelajaran dan selera humor pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden merupakan peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif dengan grafik untuk penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran dengan metode diskusi atau sharing secara efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Selipan humor pada proses pembelajaran juga secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran daring. Guru perlu terus berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada, serta menerapkan komunikasi pembelajaran daring yang optimal.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Persepsi Peserta Didik Tentang Efektivitas Komunikasi Pembelajaran dan Selera Humor Pada Pembelajaran Daring. (2023). Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 1(02), 13-19. https://doi.org/10.20961/ijolii.v1i02.1147

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.