Transformasi Pendidikan Vokasi Melalui Game-Based Learning: Studi Literatur

Authors

  • Muhamad Nur Azmi Wahyudi Magister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Matias Vico Anggoro Kristanto Magister Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Ratih Friska Dwi Andini Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1610

Keywords:

Education, educational technology, game-based learning, technical education, vocational education

Abstract

Lingkungan belajar mengajar selayaknya menciptakan interaksi yang dinamis dan inspiratif, sehingga penting untuk mencari teknik dan metode pengajaran yang inovatif. berkembangnya teknologi, berbagai metode inovatif telah diterapkan dalam pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, salah satunya adalah game-based learning (GBL). GBL merupakan pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan elemen permainan untuk mendukung dan memperkaya pengalaman belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, dan praktik terbaik dalam penerapan GBL di lingkungan vokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan sumber data berasal dari jurnal terindeks Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game-based Learning (GBL) menawarkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang dapat disesuaikan dengan berbagai konteks dan tujuan pembelajaran, serta memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pendidikan kejuruan. Namun, diperlukan strategi yang efektif oleh pendidik untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam implementasinya.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Transformasi Pendidikan Vokasi Melalui Game-Based Learning: Studi Literatur. (2024). Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 18-26. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1610