Analisis Motivasi Belajar Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Scratch

Authors

  • Devi Lutfiana Azariyah Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Sebelas Maret
  • Basori Universitas Sebelas Maret
  • Emi Budi Susilowati SMA Negeri 1 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1315

Keywords:

Motivasi Belajar, Project Based Learning, Aplikasi Scratch

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam memberikan dorongan, semangat dan rasa senang dalam belajar, sehingga mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi akan memiliki energi lebih untuk melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah informatika elemen praktik lintas bidang model pembelajaran project based learning berbantuan aplikasi Scratch untuk merumuskan sebuah kebijakan terkait proses pembelajaran informatika elemen praktik lintas bidang pada pembelajaran selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Aplikasi Scratch dapat mendorong motivasi belajar mahasiswa dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat motivasi belajar siswa yang berada pada kategori motivasi belajar tinggi yaitu sebesar 61,9%. sehingga guru mata pelajaran informatika elemen Praktik Lintas Bidang dapat kembali menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan aplikasi Scratch.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Analisis Motivasi Belajar Informatika Elemen Praktik Lintas Bidang Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Scratch. (2024). Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 68-75. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1315

Similar Articles

11-16 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.