Dukungan Teman Sebaya untuk Memahami Materi Pelajaran pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa
DOI:
https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1350Keywords:
Dukungan Teman Sebaya, Pemahaman Materi, TunarunguAbstract
Pendidikan inklusif menjadi sangat penting karena bersifat keberagaman tanpa membedakan satu sama lain. Anak tunarungu yang secara fisik memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran tentunya memiliki perbedaan kondisi fisik dengan anak normal lainnya. Adapun dalam setiap pendidikan tentunya ada interaksi yang dilakukan antar sesama untuk saling menerima informasi. Interaksi dengan teman sebaya dapat menciptakan interaksi sosial yang memberikan efek dukungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan dukungan teman sebaya dalam bekerja sama untuk memahami materi pelajaran pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian di SLB Negeri Surakarta menunjukkan adanya dukungan teman sebaya pada anak tunarungu sangat berperan penting dalam memahami materi pelajaran di kelas. Dengan adanya dukungan teman sebaya dapat tercipta interaksi positif yang dapat membantu dalam memahami materi sehingga kerjasama antar siswa tunarungu dapat terjalin dengan baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mirna Anggraini, Laeli Shifa Nur Fauziah, Muhammad Irgie Fahmi Aulia, Suparmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.